Selasa, 25 Maret 2014

Watching this video guys ! it's about TOGAF 9.1 , benefits of TOGAF 9.1 and COBIT 5 .




CMMI (Capability Maturity Model Integration)

Apa itu CMMI?

CMMI adalah singkatan dari Capability Maturity Model Integration. Ini adalah kerangka kerja (framework) yang bisa digunakan untuk mengembangkan proses di dalam perusahaan.
Apa itu proses? Proses adalah cara kita melakukan suatu tugas. Misalnya, membuat proposal, menganalisa kebutuhan client, membuat kode program, dan kegiatan lainnya. Semua tata laksana kegiatan tersebut dikenal dengan nama proses atau prosedur.
CMMI membantu kita untuk memperbaiki proses di perusahaan/organisasi kita. Dengan membaiknya proses, diharapkan produk yang dihasilkan akan ikut menjadi baik.
CMMI dirumuskan oleh Software Engineering Institute di Carnegie Mellon University. Para peneliti di SEI telah mengamati proyek pembangunan perangkat lunak di seluruh dunia, mulai dari proyek kecil sampai proyek raksasa. Organisasi yang diteliti meliputi NASA, IBM, dan kontraktor Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pengalaman yang dimiliki organisasi tersebut dirangkum dalam seperangkat aturan yang disebut CMMI. Nah, apakah perusahaan kita sudah lebih canggih daripada organisasi di atas, dalam hal mengelola proyek software? Kalau belum, mari kita belajar dari mereka.
Apa sih isinya CMMI ??

CMMI terdiri dari rangkaian practices. Dalam rangkaian practices ini ada rambu-rambu atau rekomendasi yang dapat diikuti. Practices dalam CMMI dibagi menjadi dua, yaitu Generic Practices (GP) dan Specific Practices (SP).
Bila kita sudah mengimplementasikan practices dengan sempurna, kita dianggap sudah memenuhi Goals. Sama seperti practices, ada Generic Goals (GG) dan Specific Goals (SG).
Apa yang dimaksud Maturity Level ??

Tujuan awal dirumuskannya CMMI sebenarnya adalah untuk mendukung proses tender di lingkungan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US-DoD). Mereka ingin memiliki sistem penilaian terhadap semua vendor yang mengajukan proposal. Untuk itu dirumuskanlah sistem penilaian vendor berupa Maturity Level (ML).
Maturity Level di CMMI ada 5, mulai dari yang terendah ML 1, sampai yang paling canggih ML 5. Bila perusahaan kita sudah ML-5, maka kita bisa ikut dalam tender proyek software rudal Patriot. Begitu kira-kira.
Setiap ML memiliki seperangkat PA yang harus dipenuhi agar kita berhak menggunakan titel ML tersebut. Sebagai contoh, bila kita ingin lulus ML-2, maka kita harus mengimplementasikan 7 PA. Untuk mencapai ML-3, kita harus mengimplementasikan 7 PA dari ML-2 ditambah dengan 11 PA dari ML-3. Demikian seterusnya, sehingga ML-5 yang sudah mengimplementasikan 22 PA.
Bila kita sama sekali belum mengimplementasikan apa-apa, perusahaan kita dikategorikan sebagai ML-1. Level ini diadakan sebagai hiburan bagi perusahaan yang sudah ikut SCAMPI Class A, tapi tidak lulus bahkan di ML-2. Well, ML-1 kedengarannya lebih baik daripada No-ML atau ML-0 :p
Daftar lengkap PA per ML bisa dilihat di spesifikasi CMMI.

Senin, 24 Maret 2014

Sistem Informasi Manajemen dan COBIT (Tugas Excellent Perkuliahan Sistem Informasi Manajemen)

Selamat malam :)Nah selanjutnya, saya akan menng-share ni mengenai salah satu disiplin ilmu yang saya pelajari di kampus, yaitu "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN". Perkuliahan ini diberikan oleh Bapak Budi Laksono Putro( nah berikut blog beliau budi.staf.upi.edu ).
Pada tulisan kali ini, saya akan menulis mengenai beberapa materi yang saya dapatkan selama perkuliahan. Semoga bermanfaat yaaaa :)
Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Tujuan Umum
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan. 

Nah, sebagai pengenalannya, silahkan liat video berikut ini ya :) 
Sumber : youtube.com

Selanjutnya, apa itu data? “ Data Merupakan kenyataan yang menggambarkansuatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.” (Jogyanto, Analisis dan desain Sistem Informasi;8 ).
Namun, menurut penyampaian dosen saya, Bapak Budi Laksono Putro, Data itu adalah representasi dari dunia nyata. Jadi, data itu sebenarnya gambaran dari apa yang ada di sekeliling kita. 
Sumber :
http://www.tibco.com/blog/2013/09/18/all-data-is-more-
valuable-than-big-data/
Sistim Informasi Manajemen kini tidak lagi berkembang dalam bidang usaha saja, tapi sudah digunakan dalam berbagai bidang, dari mulai pendidikan, kedokteran, indistri, dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa Informasi yang akurat dan cepat dibutuhkan di berbagai bidang.
Ada banyak teknologi yang mendukung SIM baik secara online atau offline. Tapi dasar dari aplikasi yang digunakan pada Sistiem Informasi Manajemen adalah aplikasi databese. sistem ini harus mampu mengolah data yang dikumpulkan pada database menjadi sebuah produk informasi yang dibutuhkan penggunanya. Sistim ini juga harus bisa membagi informasi yang diproduksinya menjadi beberapa tingkatan, sehingga setiap tingkatan hanya mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
Pada sebuah Instansi, manajemen selalu terlibat dalam serangkaian proses manajerial, yang pada intinya berkisar pada penentuan: tujuan dan sasaran, perumusan strategi, perencanaan, penentuan program kerja, pengorganisasian, penggerakan sumber daya manusia, pemantauan kegiatan operasional, pengawasan, penilaian, serta penciptaan dan penggunaan sistem umpan balik. Masing-masing tahap dalam proses tersebut pasti memerlukan berbagai jenis informasi dalam pelaksanaannya.

CoBit CobiT  menyediakan solusi untuk tata kelola teknologi informasi melalui domain, proses, tujuan, kegiatan, model kematangan dan struktur yang logis dan teratur. Kerangka ini dapat mem- bantu optimalisasi investasi yang berkaitan dengan teknologi informasi, menjamin penyampaian layanan dan memberikan alat ukur/standar yang efektif untuk kepentingan manajemen. CobiT disusun oleh Information Systems Audit and Control Foundation (ISACA®) pada tahun 1996. 


Untuk pengendalian dalam proses IT berisi tentang pengembangan Metoda penilaian, sehingga organisasi dapat memberi pe- nilaian sendiri dari non-existent sampai optimised (dari 0-5)..




Bismillah ! OWL - ART Project

Owl - Art Project merupakan salah satu bisnis yang aku rintis dari perkuliahan Pengembangan Inisiatif Bisnis I pada Semester 8 ini. Kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnisnya. Awalnya, bisnis ini emg udh dari lama pingin banget aku rintis. Kenapa? Karena ini itu dari "hobby" yang benar-benar aku suka, yaitu "nge-design". Senang banget rasanya ketika design yang dibuat sesuai dgn keingin konsumen :p. 

Seni Pop up adalah teknik finishing atau hasil akhir sebuah karya yang berbentuk 3D atau 3 Dimensi. 3 Dimensi berarti, karya tersebut tidak flat karena dibuat seolah-olah terlihat keluar dari desain yang ada. Berawal dari ketidakpuasan konsumen terhadap greeting cards yang sudah sering ditemui. Semakin berkembangnya teknologi, semakin mudahnya suatu momen di sampaikan tanpa melihat personal touch dari sebuah greeting cards tersebut. Owl-Art Project ingin Pop up style sebagai spesialisasi usaha, dengan finishing Pop up yang dirasa begitu banyak dapat dikembangkan dan dijadikan menjadi suatu hadiah yang lebih spesial. Dengan keistimewaan Pop up style, hadiah tersebut bukan hanya menjadi sebuah hadiah biasa, namun benar-benar dapat menjadi sebuah harta karun di hari yang spesial.


Nah, jadi kemarin udah ada beberapa yang order, dan ini salah satunya (pemesan pertama *prok prok prok *thank you for Nusem) . Ini kado yang dipesan nusem untuk Nabila :) Semoga kedepannya banyak yang order hehe yuuuk order :) dm aja ke twitter @FebrinaIndriR atau message ke facebook "Febrina Indri R" yaaa :)






Selasa, 31 Desember 2013

Assallammuallaikum 31 Desember 2013



Udah lama banget ngga nulis. udah lama banget ngga nuangin isi otak disini. Eh tiba2 aja udah 31 Desember 2013. Banyak banget hal yang terjadi di tahun ini. Hal-hal yang benar2 ngga ketebak sama sekali, terjadi, dan ada beberapa yang terwujud.
Trus gimana dengan 2014? Ngga kerasa banget, bsk udh 2014 aja :( sedih sih, belum banyak yang terjadi dan bisa terwujud di tahun ini .
Semogaaaa tahun depaan bisa :

1. Sehat-sehat kan papa dan mama ya Allah :( Aby mau mereka ada waktu aby wisudaan nanti. amiiiiin . bareng obet thomas jugaaa :(
2. Kepingin banget lulus tahun depan ! dapat gelar S.T . Amiiiiiin. Semoga bisa kasih papa mama tempat duduk yang istimewa di wisudaan nanti ! Trus, bisa kerja, pingin kerja di astra, unilever, atau petronas ! impian banget bisa masuk salah satu dr ketiga perusahaan gede iniiiiiiiiii o:) pingin banget pulang idul fitri tahun depan udah bisa bagi2in THR sama keluarga, ngga butuh besar, kecil juga uangnya ngga papa hahahhahaa
3. Kepingin ikut lomba lagi sebelum tamat. 2 kali lagi ya setidaknya, masih pingin naik podium angkat piala :( *haha ngga nyadar umur ya* emang sih harusnya ngga jaman lagi ikutan lomba, udah tuir banget, tapi masih pingin cari prestasi, *sekalian cari uang tambahan sih* haha
4. Semoga semester depan masih ada dosen yang mau ngejadiin saya asistennya. hehe amiiin :p
5. Pingin beli hape baruu ! Android ! Lennovoo . mauuu :3
6. Beli lensa baruu . lensa kamera baru. atau ganti kamera baruu amiiin *ya allah ini udh wish dr tahun lalu ngga kecapai2 ya --____--
7. Keliling jawa ! 2013 ini udah nambah bbrapa kota yg berhasil terkunjungi :D finally udah ke malang ! smoga tahun 2014 bisa ke malang lagi, mau bromo sama sempuuu pliiis !
8. Pingin semarang juga ! masih belum ketemu olan olin !
9. Bisa beresin TA bulan April ! 100 % ! Targeeeeet . amiiiiiiiin
10. Bisa seminar dulu sih ya harusnya awal januari inii. amin amin amiiin :"""""(
11. Bisa keluar negeri lagi ! beres sidang pingin singapura malaysia thailand dulu! nabung nabung travelling !
12. Kampung Inggriiiis plis *kayaknya 2014 penuh jalan2 yaa* huaaaa
13. dan yang terakhir, bisa ke jogja lagi. Ada hati yang butuh dipastikan .

sejauh ini itu dulu sih yang pingin dicapai. dijadwalkan semoga bisa tercapaiii. aaaaaaaaaaaaa bismillah 2014; HAPPY NEW YEAR ! KAMU BISA BYYY, PLIIIS !